Thunderbolt dan USB Type C

Konektor USB C mulai populer setelah banyak tersemat di smartphone dari kelas menengah hingga flagship. Jika dilihat, bentuk USB tipe-C mirip dengan konektor Thunderbolt 3.

Keduanya sama-sama bersifat reversible (bisa ditancapkan dengan dibolak-balik). Dengan demikian, pengguna tidak perlu pusing menyesuaikan posisi kabel dengan konektor.

Namun, soal kemampuan, USB C dan Thunderbolt 3 punya perbedaan. Secara umum, kemampuan Thunderbolt 3 lebih tinggi dibanding USB C.

Keunggulan pertama ada di kecepetan transfer data. Thunderbolt 3 memiliki kecepatan transfer data hingga 40 Gbps.

Angka itu Jauh lebih tinggi ketimbang USB C 3.1 generasi kedua yang memiliki kecepatan 10 Gbps. Apalagi dibanding dengan USB C 3.1 generasi pertama yang hanya memiliki kecepatan transfer data 1,5 Gbps.

Perbedaan lainnya ada di keluaran video. Thunderbolt 3 mampu menampilkan video dengan resolusi 2 x 4K atau video tunggal beresolusi 5K.

Sementara USB C, baik generasi pertama maupun kedua hanya bisa menampilkan keluaran video dengan resolusi maksimal 4K. Keunggulan Thunderbolt 3 tidak hanya sampai di situ.

Konektor ini juga mendukung eksternal GPU atau eGPU. Dukungan tersebut tidak dimiliki USB C. Satu hal lagi yang tidak bisa dilakukan USB C adalah kemampuan menyambungkan enam perangkat sekaligus (daisy chain) secara bersamaan.

Dirangkum dari ZD Net, Jumat (14/2/2020), Thunderbolt 3 kompatibel dengan Thunderbolt 2 dan model sebelum-sebelumnya. Ia juga kompatibel dengan USB C 3.1, USB 3.x, dan USB 2.x, selama ada adapter yang tepat.

Sementara itu, USB C 3.1 kompatibel dengan USB C 3.x dan USB C 2.x, tapi tidak mendukung perangkat Thunderbolt. Lantas bagaimana cara membedakan mana port USB C dan Thunderbolt 3?

Biasanya, produsen perangkat akan mematrikan keterangan tipe USB C yang digunakan, misalnya saja USB C 3.1. Sementara untuk port Thunderbolt, biasanya menggunakan label bergambar petir dengan anak panah serong ke kiri.

Thunderbolt - USB Type C
Thunderbolt – USB Type C

thunderbolt usb type c diznet indo zahira indozahir zahir diznetindo diznetindozahira datacube enterprise datacubeenterprise sistem enterprise sistementerprise manufaktur sistem manufaktur sistemmanufaktur berita teknologi terbaru berita tekno terbaru berita gadget terbaru info gadget terbaru info teknologi terbaru info tekno terbaru berita tekno terbaru apple iphone samsung galaxy smartphone android smartphone ios handphone android murah xiaomi smartphone samsung smartphone handphone xiaomi handphone samsung hp samsung hp xiaomi hp asus hp motorola hp redmi hp realme hp lg hp nubia hp murah ram besar hp seken murah hp second murah hp 4g termurah hp murah 4g

WhatsApp WhatsApp